Main menu

SEF Pada Joomla 2.5x

 Ketika kita membuka sebuah web, pasti kita melihat url yang menghubungkan ke halaman yang kita tuju. Ada url yang seperti ini:

 http://www.inuxpro.com/plc/10-instruksi-instruksi-dasar-plc.html atau ada juga yang seperti di bawah ini:

http://localhost/inuxpro2.5/index.php?option=com_content&view=article&id=10:instruksi-instruksi-dasar-plc&catid=13&Itemid=107

url yang pertama lebih simple dan mudah kita baca, sedangkan url yang kedua bisa dibilang ‘ribet’.

Ternyata bukan hanya kita yg kesulitan membaca url tersebut, mesin pencaripun (search engine seperti google, yahoo dll) akan kesulitan mengindeks halaman dengan url seperti nomor 2. Oleh karena itu kita perlu membuat url yang lebih bersahabat dengan mesin pencari.

SEF atau Search Engine Friendly adalah istilah yang digunakan untuk menyebut url yang ‘enak’ dibaca yang memudahkan google, yahoo atau yang lainnya mengindeks halaman web kita.

Bagaimana membuat sef pada joomla 2.5?

Joomla telah menyediakan fasilitas sef bawaan yang bias kita aktifkan. Caranya dapat dilihat pada halaman administrator, pilih icon Global Configuration atau melalui menu Site, Global Configuration. Langsung kita lihat pada tab SEO Settings, di situ ada 5 pilihan yang dua terakhir kita abaikan. Jadi ada tiga opsi yang harus kita ubah menjadi yes/ ya:

  1. Search Engine Friendly URLs
  2. Use URL rewriting
  3. Add suffix to URL

Maka url nya akan menjadi http://localhost/259/index.php/plc/10-instruksi-instruksi-dasar-plc.html. url nya ternyata belum ‘cantik’ karena masih disisipi index.php. Ada satu langkah lagi yang harus dilakukan yaitu mengubah file htaccess.txt menjadi .httaccess jika kita menggunakan server apache. Jika menggunakan server IIS yang harus diubah adalah web.config.txt menjadi web.config.

Setelah diubah menjadi .htaccess, refresh browser kemudian klik menu atau link yang tersedia kalau ternyata muncul pesan Internal Server Error tidak perlu panik. Masih satu langkah lagi yang harus dijalankan yaitu mengaktifkan rewrite_module pada server Apache.

Langkah di atas dapat juga diterapkan pada web yang sudah online. Jika masih muncul error file .htaccess nya perlu disesuaikan kira-kira pada baris ke-19:

 Options +FollowSymLinks

Ubah menjadi

#Options +FollowSymLinks

 

* untuk mengubah settingan Apache dapat dilihat pada artikel http://www.inuxpro.com/joomla/joomla-1-5/13-wampserver-mempermudah-konfigurasi-apache,-mysql,-dan-php.html

Terakhir diperbarui padaMinggu, 14 Juli 2013 14:12
Taksir item ini
(0 pilihan)

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.

kembali ke atas